Dari : Situs AlfiDari : Situs Alfi

Minggu, 17 November 2013

Simbiosis

SIMBIOSIS





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Sebuah kenyataan bahwa makhluk hidup yang satu tak akan bisa hidup tanpa campur tangan makhluk hidup lainnya baik itu secara langsung maupun tidak. Dalam sebuah lingkungan, hubungan antara makhluk hidup bisa kita jumpai dengan mudah. Bahkan dalam skala ekologis, interaksi di antara makhluk hidup ini merupakan kajian utama. Ada beragam pola interaksi yang dibangun. Ada yang menguntungkan dan merugikan. Dalam ilmu biologi dikenal istilah simbiosis yang merujuk pada hubungan dua organisme dengan spesies berbeda. Hubungan tersebut bisa saja menguntungkan, merugikan atau tak memiliki pengaruh apapun bagi salah satu organisme.

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, maka di dapat rumusan masalah sebagai berikut :
a. Apa yang dimaksud dengan simbiosis ?
b.  Apa saja jenis-jenis simbiosis ?



BAB II
PEMBAHASAN

Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis.

A. Simbiosis
Simbiosis dibagi menjadi tiga jenis yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme. 
1.    Simbiosis mutualisme adalah hubungan antar mahluk hidup yang saling menguntungkan.

Contoh simbiosis mutualisme : 
a.  Hubungan antara kupu-kupu dan bunga. Kupu-kupu yang hinggap di bunga mendapat keuntungan karena dapat mengambil nektar dari bunga. Bunga juga mendapat keuntungan karena kupu-kupu dapat membantu terjadinya penyerbukan.
b. Hubungan antara burung jalak dan kerbau. Burung jalak yang hinggap di punggung kerbau makan kutu, sementara kerbau juga untung karena kutunya habis.

Gambar simbiosis mutualisme :



 

2. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar mahluk hidup yang satu dengan yang lain dirugikan.

Contoh simbiosis parasistisme :
a.    Hubungan antara benalu dan pohon mangga. Benalu yang hidup menempel pada pohon mangga mendapat keuntungan dengan menyerap makanan dari pohon mangga. Sementara pohon mangga dirugikan karena makanannya "dirampas" oleh benalu.
b.    Hubungan antara tali putri dengan tanaman pagar. Tanaman pagar akan mati karena makanannya dimakan tali putri.

Gambar simbiosis parasitisme :



3. Simbiosis komensalisme adalah hubungan antar mahluk hidup yang satu untung yang lain tidak mendapat keuntungan tetapi juga tidak dirugikan.

Contoh simbiosis komensalisme:
a.    Hubungan antara ikan remora dan ikan hiu. Ikan remora adalah ikan kecil yang sering menjadi makanan ikan lain. Ikan hiu adalah ikan yang sangat besar dan ditakuti oleh ikan-ikan lain. Ikan remora sering mengikuti bahkan menempel pada tubuh ikan hiu. Dengan demikian ikan remora merasa aman, karena terlindungi oleh ikan hiu. Sementara itu ikan hiu tidak dirugikan, karena keberadaan ikan remora di sekitarnya tidak menjadi beban bagi ikan hiu.
b.    Hubungan antara bunga anggrek dengan pohon inang. Bunga anggrek tumbuh menempel pada pohon. Bunga anggrek mendapat keuntungan dengan makan sisa-sisa kotoran kayu. Sementara itu pohon inang tidak mendapat keuntungan dan tidak dirugikan.

Gambar simbiosis komensalisme :








BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis. Meski berbeda, namun organisme tersebut terikat dan terkait serta tetap hidup berdampingan. Adapun jenis-jenis simbiosis, antara lain : simbiosis mutualisme, adalah hubungan sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak. Simbiosis parasitisme, adalah hubungan makhluk hidup dimana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya. Simbiosis komensalisme, adalah hubungan makhluk hidup dimana pihak yang satu mendapat keuntungan tetapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak di untungkan.


B.     Saran

Dapat di ambil saran sebagai berikut :
Kita sebagai manusia harus mengetahui jenis-jenis simbiosis dari yang terdekat seperti yang ada pada lingkungan kita.

Dengan makalah ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar